Bahan Renungan

Thema : Berkemas-kemas/Berjaga-jaga

Matius   24 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Thema : Berkemas-kemas Berjaga-jaga sinomimnya itu atau sama artinya Berkemas-kemas...di sini saya lebih suka memakai kata berkemas2.. Biasanya orang yang sedang berkemas-kemas itu adalah orang yg sebentar lagi mau berangkat, ke suatu tempat yg penting baik jauh maupun dekat, contohnyanya : 1. Mau pergi ke sawah, ( perlu gk berkemas2) apa yg perlu dipersiapkan?? = mempersiapkan tajak, pakkur(cangkul), mangisi tes tu jereken (air minum), indahan (nasi), dan yg paling penting kesehatan =orang yg tidak sehat tidak mungkin berkemas2 pergi ke sawah...berapa lama biasanya waktu yg diperlukan untuk berkemas2?? 2-3 jam (masak lagi) 2. Kalau mau pergi ke pesta di medan contohnya , apa yg perlu di kemas-kemas ? tandok, hepeng (uang), baju nabagak (baju cantik), sipatu, cin-cin, antting2, korung2 (kalung) mas, dan istirahat yg cukup...biasanya waktu yg diperlukan untuk itu be

Yoh 14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.



Yoh 14:15-17a
14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

            Ayat ini dimulai dengan kata jika kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahku. Perkataan Tuhan Yesus ini ditujukan kepada murid2Nya, dan kita juga percaya setiap orang yang mengikut Yesus adalah murid-murid, kita semua yg ada di sini pengikut Yesus Amen?
            Jadi perkataan Yesus ini bukan hanya ditujukan kepada murid2Nya pada saat itu, tetapi juga kepada kita semua yg ada di sini  “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku”. Apa saja perintah Tuhan Yesus kepada murid2Nya?

1. mengucap syukur bahkan dalam segala hal kata Rasul. Hal ini mudah-mudah susah. Kalau masalahnya hanya karena doa permintaan untuk mendapatkan keturunan atau anak belum di jawab, mengucap syukur masih mudah. Tapi kalau anak kita yg kita sanyangi atau istri kita meninggal ini agak susah untuk di laksanakan. Bahkan karena tidak sanggup untuk mengucap syukur malah murtad menyalah kan Tuhan, mengutuk Tuhan dll.
--bersuka cita.
--jgn bersungut-sungut
--berdoa dan berjaga2.
--Bertobat. Percayakah ada org kristen tpi belum bertobat? Masih tinggi hati, masih sombong, masih merasa lebih benar, dll. pasti masih ada. Oleh karena itu mereka butuh bertobat.
2. jangan bersaksi dusta. Berbohong, memutar balikkan fakta. Org kristen ada gk yg melakukan ini? Ada.
3. mengasihi sesama manusia seperti dirimu sendiri. Ini juga susah dilakukan oleh org kristen, yg ada tidak perduli, hanya memikirkan diri sendiri. Ada uang banyak yg dipikirkan bukan untuk membantu yg kekurangan tapi pikirannya mau kemana kita happy-happy.
4. jangan membalas kejahatan dengan kejahatan, ini masih banyak org kristen yg susah melakukan hal ini.
5. jangan membenci. Yg ini juga masih banyak org kristen yg belum lulus dengan perintah ini.
6. jangan bersaksi dusta.
7. mengasihi musuh. “kasihilah musuhmu dan berdoalah kepada mereka” perintah ini hampir-hampir tidak dilakukan oleh banyak org kristen...
8. mengabarkan injil. Yg tertulis dalam kitab injil Mat 28:18-20. Yg ini juga banyak org kristen yg tidak melakukan ini, alasannya sibuk, tidak berani, malu, tidak mengerti, dan lain-lain.

 Dan masih bayk lagi perintah-perintah Tuhan Yesus yg diperintahkan untuk kita lakukan. Dan Yesus berkata jikalau kita mengasihi Dia, maka kita wajib melakukan segala perintah2 Yesus. Baik perintah yg mudah dilakukan maupun perintah yg susah. Kalau kita tidak melakukannya, berarti kita tidak mengasihiNya...dan kita tidak mau disebut sebagai org yg tidak megasihi Yesus. Bukan??         Tapi

            Yesus tahu bahwa tidak mudah bagi kita untuk melakukan segala perintahNya, oleh karena itu Yesus berjanji akan meminta kepada Bapa supaya kita diberikan seorang Penolong, yg memampukan kita untuk bisa melakukan semua perintah Yesus. Siapa penolong itu, yaitu Roh Kudus. Ayt 16.

            Jikalau kita belajar Alkitab mulai dari injil Matius sampai Yohanes, murid2 Tuhan Yesus masih belum memiliki keberanian dalam mengahadapi masalah dan tantangan. waktu Tuhan Yesus ditangkap oleh tentara Roma, mereka kabur lari, dan bahkan  Petrus pernah menyangkal Yesus karena takut di siksa bersama Yesus.

            Tapi coba kita baca mulai dari kitab KPR dan seterusnya, setelah murid2 Tuhan Yesus menerima babtisan oleh Roh Kudus, maka mereka menjadi orang-orang yg pemberani dan mampu melaksanakan segala perintah Tuhan Yesus.
Bahkan semua murid-murid Tuhan Yesus akhir hidupnya adalah mati martyr. Ada yg kepala dipenggal, ada yg di goreng, Petrus mati di salib terbalik, dll. itu semua karena seorang Penolong yg menyertai mereka, yg memampukan mereka melakukan perintah Yesus, bahkan rela mati dan mereka membuktikan bahwa mereka mengasihi Yesus.

            Demikian juga kita mlm hari ini jika kita mengasihi Yesus maka kita wajib melakukan segala perintahNya, tapi kita tidak kuat, tidak mampu, atau tidak sanggup jika kita mengandalkan kekuatan kita, oleh karena itu supaya kita bisa mengasihi Tuhan, mari kita rindukan Roh Kudus turun atas kita yg hadir di sini pribadi lepas pribadi. Amen??

Roh Kudus Kau hadir di sini...
Api pentakosta ku punya




Comments

Popular posts from this blog

Easy Worship 2009 Untuk Windows 10...Works!!!

Berkenan Kepada Allah Ibrani 11:6

Hidupku bukanlah aku lagi, tapi Yesus dalamku