Bahan Renungan

Thema : Berkemas-kemas/Berjaga-jaga

Matius   24 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Thema : Berkemas-kemas Berjaga-jaga sinomimnya itu atau sama artinya Berkemas-kemas...di sini saya lebih suka memakai kata berkemas2.. Biasanya orang yang sedang berkemas-kemas itu adalah orang yg sebentar lagi mau berangkat, ke suatu tempat yg penting baik jauh maupun dekat, contohnyanya : 1. Mau pergi ke sawah, ( perlu gk berkemas2) apa yg perlu dipersiapkan?? = mempersiapkan tajak, pakkur(cangkul), mangisi tes tu jereken (air minum), indahan (nasi), dan yg paling penting kesehatan =orang yg tidak sehat tidak mungkin berkemas2 pergi ke sawah...berapa lama biasanya waktu yg diperlukan untuk berkemas2?? 2-3 jam (masak lagi) 2. Kalau mau pergi ke pesta di medan contohnya , apa yg perlu di kemas-kemas ? tandok, hepeng (uang), baju nabagak (baju cantik), sipatu, cin-cin, antting2, korung2 (kalung) mas, dan istirahat yg cukup...biasanya waktu yg diperlukan untuk itu be

Maksud dan Tujuan Yesus Naik ke Surga



Maksud dan tujuan Yesus naik Ke Sorga
Shalom, kita bersyukur bahwa Tuhan Yesus masih memberikan kita kesadaran dan kekuatan untuk kita datang dalam ibadah ------memperingati hari raya orang Kristen yang keempat dan kemudian 10 hari ke depan kita akan memperingati hari raya orang Kristen yang kelima yaitu hari raya Pentakosta....
Beberapa minggu lalu kita juga telah memperingati hari kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus. Ini semua adalah sebuah rangkaian hari peringatan bagi kita untuk menigkatkan iman kita..
Dan Hari ini kita memperingati Kenaikan Tuhan Yesus ke surga. Amen....mari kita buka Alkitab kita dalam
Kisah 1:9-11,Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." Amen!!!??
Sebenarnya masih ada ayat2 lain yang menyinggung tentang kenaikan Yesus ke sorga....tapi nanti kita akan kita singgung juga ayat2 itu. Sekarang yang akan kita bahas adalah “apa Maksud dan Tujuan Yesus  Naik ke Sorga”.. pada saat ini ada beberapa poin yang akan kita bahas mengenai Maksud dan Tujuan Yesus naik ke Sorga.
1. Yesus Naik Ke Sorga untuk menunjukkan bahwa Dia datang dari Atas dan kembali ke Atas.
            Yesus naik ke sorga adalah peristiwa yang sangat menabjukkan, diluar batas pikiran dan kemampuan  manusia. Dan peristiwa ini disaksikan oleh murid2 dan orang-orang Galilea, seperti yg dikatakan oleh dua orang yg berpakaian putih tadi ” Hai orang-orang Galilea, mengapa kamu berdiri melihat ke langit???”.
Jadi peristiwa ini nyata karena ada saksinya. Tidak seperti Nabi orang seberang, yang mengatakan bahwa dia bertemu dengan malaikan Jibril di Goa Hira, tapi saksi satupun tidak ada.... kalau suatu peristiwa tidak ada saksi, maka kebenaran peristiwa itu dapat diragukan kebenarannya.  
            Bapak/ibu yg terkasih,  Yesus naik ke Sorga membuktikan perkataanNya dalam Yohanes  8 : 23 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini....

Ketika Yesus mengatakan Akulah kebenaran : memang Dialah kebenaran, karena semua yang Dia perkatan, semuanya pasti terjadi dan terbukti.....dan ketika Yesus mengatakan bahwa Dia berasal dari Atas, Dia membuktikanNya lewat peristiwa Naiknya Dia ke Sorga..  
           
            Jadi peristiwa kenaikan Yesus Ke Sorga tidak ada bagi agama-agama lain, hanya Yesus saja yang bisa melakukan hal yang demikian. Semua pepimpin-pemimpin Agama didunia ini tidak ada yg dapat melakukan hal yang sama yang dilakukan oleh Yesus.
            Jadi jika ada agama lain yang menawarkan surga yang lain, kita harus bertanya “ apakah pemimpin kalian berasal dari sorga, atau pernah ke sorga,? Apakah dia tau jalan kesana?? Dimana dia sekarang,??
           
2. Tujuan kedua Yesus naik ke Sorga yaitu : Untuk menyediakan tempat atau Rumah di Sorga.

Yohanes 14:1-3
 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.2. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.:3  Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.
Bapak/Ibu yg terkasih....!!!

            Ketika penderitaan Yesus sudah mau dekat dan akan mati disalib, maka murid2 mulai kwatir dan gelisah. – Mungkin kegelisahan mereka seperti ini “aku sudah meninggalkan rumahku, hartaku dan pekerjaanku dan mengikut Yesus, tapi sekarang Dia mau disalibkan dan mati, apa lagi yang dapat kuharapkan, kemanalah aku pergi ???

.....Bpk ibu yg terkasih Yesus tau isi hati murid2, sehingga Yesus menghibur mereka dengan menjanjikan rumah kekal di sorga. Rumah yg dimaksud disana bukan hanya sebuah rumah, tetapi segala sesuatu disediakanNya.

            Demikian juga dengan kita bapak ibu yg terkasih, ketika kita banyak mengorbankan sesuatu kepada Tuhan, untuk pekerjaan Tuhan, dan untuk kemuliaanNya, maka Tuhan akan menggantikannya kepada kita bukan hanya rumah tetapi segala sesuatu yg kita perlu di sorga nanti..

            Jangan merasa rugi kalau kita meninggalkan sawah kita yang lagi banyak Apporik untuk datang ke gereja, jgn merasa rugi kita meninggalkan untung di hari minggu demi untuk datang beribadah kepada Tuhan....Firman Tuhan mengatakan carilah dahulu Kerajaan  Allah maka semuanya akan ditambahkan kepada kita semua, baik dibumi ini baik di sorga yang akan kita terima nanti.........semuanya Tuhan berikan dan tambahkan, setiap kebutuhan kita. Amen!!!
Mari kita setia beribadah kepada Tuhan, supya kita memperoleh rumah yg dijanjikan Oleh Tuhan Yesus...amen!!!
           
            3. Tujuan Yesus naik ke Sorga untuk mengutus Roh Kudus kepada orang percaya
           
Roh Kudus adalah salah satu Oknum Allah Tritunggal yang kita imani...dan Roh kudus sering berbicara didalam hati nurani kita, dan Roh kudus juga dapat undur dari kita ketika kita mendukakan Dia. (raja Saul tidak bertobat maka Roh Tuhan undur dari dia).......

Bagaimana kita mendukakan Dia?? Ketika kita sering mengabaikan apa kata hati nurani kita saat kita melakukan yang salah dan yang berdosa, maka secara pelan-pelan Roh Kudus akan undur dari kita.

Dan ketika Roh Kudus sudah mulai undur dari kita, maka bisikan hati nurani kita akan mulai mengecil, mulai tidak dapat lagi menegur atau membisikkan kepada kita hal-hal yang benar dan yang salah.

Itu seumpama tangan yang kapalan atau kaki yang kapalan (ceritakan)

Ketika kita pertama kali meninggalkan ibadah maka hati nurani kita akan berbicara dan mengatakan bahwa kita salah, dan mungkin kita merasa bersalah.

Tetapi ketika kita mulai sering meninggalkan ibadah maka lama kelamaan kita tidak lagi merasa bersalah kepada Tuhan. Dan inilah jerat bagi orang yg melakukannya, dan orang tersebut akan sulit bertobat..

            Dan masih banyak lagi peran Roh Kudus bagi setiap orang percaya seperti :
1. Penghibur, menghibur kita dikala susah
2. Roh kudus memimpin kita kedalam kebenaran
3. Roh Kudus membantu kita untuk mengingat Firman Tuhan yang kita dengar.
4. Roh Kudus memberikan kita kekuatan untuk menderita.

            (Seperti murid2 Tuhan Yesus, ketika mereka belum dipenuhi Roh Kudus mereka semua tidak ada yang pemberani, tetapi setelah Roh Kudus turun atas mereka merka menjadi orang yg bukan hanya berani hidup susah dan menderita tetapi mereka juga berani mati, dan kita sudah tau bukan bahwa tidak diantara murid2 Tuhan Yesus yg mati dengan baik, semuanya mati martir, Cuma Rasul Yohanes yg mati tua)....

Dan masih banyak lagi peran Roh Kudus bagi orang percaya, jadi peran  Roh Kudus itu penting bagi hidup kita dalam mengikut Yesus, oleh karena itu mari datang nanti malam sama-sama kita meminta Roh Kudus turun atas kita....
           
            4. Tujuan Yesus naik ke Sorga untuk memberikan gambaran kpd kita mengenai kedatanganNya kedua kali.
             
            Tuhan Yesus memberikan contoh atau bentuk penampakan akan kedatanganNya kedua kalinya, persis seperti apa yang disaksikan oleh murid-muridnya pada waktu itu.  Jadi kedatangan Yesus nanti bukan seperti kedatanganNya yang pertama yaitu dilahirkan.

Kedatangan Yesus yang pertama Yesus di olok, tapi kedatanganNya yg ke 2 Dia datang untuk menutup mulut pengolok2 dan menghukumnya di neraka
Kedatangan Yesus yang pertama kali banyak orang yg menolak Yesus, tetapi pada kedatanganNya yang ke 2 Dia akan menghakimi orang yang menolak Dia dan mencampakkan ke dalam api neraka kekal
Kedatangan Yesus yang pertama banyak orang yang tidak tertarik dengan perkataan Yesus, yang tidak minat untuk mengikut Dia, tetapi pada kedatanganNya yang ke dua, Dia akan membuat orang-orang tersebut menyesal luar biasa.....
Jadi bapak/ibu dan saudara yg terkasih==ketika kita tidak ada minat, tidak ada antusias datang beribadah kepada Tuhan, maka kita akan menyesal dengan hebat, penyesalan yg tidak terobati....mengapa tidak terobati ? karena kedatangan Yesus bukan untuk mengampuni, tetapi untuk menghakimi orang2 yg tidak minat dengan Dia..
Kedatang Yesus yang pertama Dia dicambuk dan disalib, tetapi pada kedatanganNya yang ke 2, maka Dia akan mencambuk dan menyalibkan mereka dengan api yang kekal..
Pada kedatangan Yesus yang pertama tidak ada orang yang mau membuka pintu untuk Dia dilahirkan, tetapi pad kedatatanganNya yang kedua Dia tidak akan memberi tempat di surga kepada orang2 yg menolakNya.....jadi barang siapa yg menolak Yesus, dan yg tidak memberi Yesus tempat di dalam hati kita, maka Yesus pun tidak akan memberikan tempat di Sorga sana kepada kita...artinya tempat yang layak bagi kita adalah neraka saja.

Jadi dengan kata lainh, bahwa tujuan kedatangan Yesus ke dunia ini hanya 2 saja  yaitu:
1. Menghakimi orang-orang yg menolak Yesus dan menghakimi orang-orang kristen yang tidak sungguh-sungguh setia mengikut Dia,
2. Untuk Menyambut setiap yang percaya dan yang sungguh setia mengikut Yesus masuk kedalam Kerajaan Sorga, untuk menikmati hidup yang kekal, tanpa sakit penyakit, tanpa lapar dan haus, tanpa segala yang namanya kesusahan.. 
Dan pada saat ini mungkin di antara kita ada yg masih main2 dalam mengikut Tuhan, mari selagi masih siang, saya mengajak saudara sekalian untuk sungguh2 di dalm Tuhan, Langkah sederhana untuk menunjukkan kita sungguh2 mengikut Yesus “datang setia beribadah”.
Yesus Kaulah Pengharapanku.....

Comments

Popular posts from this blog

Easy Worship 2009 Untuk Windows 10...Works!!!

Berkenan Kepada Allah Ibrani 11:6

Hidupku bukanlah aku lagi, tapi Yesus dalamku