Bahan Renungan

Thema : Berkemas-kemas/Berjaga-jaga

Matius   24 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Thema : Berkemas-kemas Berjaga-jaga sinomimnya itu atau sama artinya Berkemas-kemas...di sini saya lebih suka memakai kata berkemas2.. Biasanya orang yang sedang berkemas-kemas itu adalah orang yg sebentar lagi mau berangkat, ke suatu tempat yg penting baik jauh maupun dekat, contohnyanya : 1. Mau pergi ke sawah, ( perlu gk berkemas2) apa yg perlu dipersiapkan?? = mempersiapkan tajak, pakkur(cangkul), mangisi tes tu jereken (air minum), indahan (nasi), dan yg paling penting kesehatan =orang yg tidak sehat tidak mungkin berkemas2 pergi ke sawah...berapa lama biasanya waktu yg diperlukan untuk berkemas2?? 2-3 jam (masak lagi) 2. Kalau mau pergi ke pesta di medan contohnya , apa yg perlu di kemas-kemas ? tandok, hepeng (uang), baju nabagak (baju cantik), sipatu, cin-cin, antting2, korung2 (kalung) mas, dan istirahat yg cukup...biasanya waktu yg diperlukan untuk itu be

Tentukan Pilihan Anda : Mamon atau Allah?



Allah atau Mamon
Shalom bapak/ibu saudara yg terkasih????  Pernahkan bapak/ibu mendengar siapa musuh terbesar Yesus? Mungkin beberapa orang akan menjawab “iblis”! Salah... Mengapa? Karena Iblis sudah dikalahkan sejak 2018 tahun yang lalu di Kalvari, saat Yesus disalib.
Lalu siapa musuh terbesar Yesus?
Yesus sendiri bersabda

Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon. ~Matius 6:24
Dalam ayat ini kta dapat melihat bahwa ada terdapat dua tuan, yaitu Allah dan Mamon..
Jadi, Yesus sendiri seolah-olah berkata bahwa saingan (rival)  terberatNya adalah mamon.....bukan Iblis lagi. .
Bapak ibu yg terkasih pengertian Mamon adalah harta kekayaan, yang mempunyai arti “merendahkan”, Artinya Ketika kita “mencari keuntungan secara tidak benar” kita akan rendah di mata Allah,... ketika kita serakah akan harta,.... ketika yang kita layani adalah Mamon dan  ganti pelayanan kepada Allah, maka kita bukan lagi dipandang sebagai anak yg memiliki ahli waris di kerajaan Sorga...melainkan sebagai orang-orang yg harus dimurka i...
Bapak/Ibu yg terkasih....Orang bisa saja mengakui dirinya beragama Kristen tetapi yang disanjung-sanjung dalam hidupnya adalah uang.......ketika dia melakukan dosa dia tidak merasa bersalah, dan tidak merasa takut atau cemas kalau Tuhan meninggalkan dia, tetapi ketika panen gagal, ketika keuangan sudah mulai pas-pasan, hatinya cemas dan sedih bahkan takut kalau jatuh miskin...dari sikap ini dapat menunjukkan siapa tua yg ia layani...yaitu Mamon...
Orang bisa saja mengakui dirinya beragama Kristen, tapi dari kehidupannya dapat terbaca dgn jelas  bahwa siapa tuan yg sedang ia layani..ketika ia meninggalkan ibadah demi keuntungan yg banyak di hari minggu, hal itu sudah cukup menandakan siapa tuan yg ia layani,,,,pasar malintang hari minggu banyak sekali saya lihat orang kristen jualan....dia meninggalkan ibadah kepada Tuhan untuk Mamon..
Ketika waktu doa-doa pribadi, saat teduh kepada Tuhan, perenungan Firman Tuhan tersita karena pekerjaan yg banyak, hal itu sudah cukup menunjukkan kepada siapa dia mengabdi.......kadang kita yang membuat pekerjaan kita banyak, kita buat ini, kita buat itu, kita ambil ini, ambil itu, sehingga kita sangat sibuk demi mendapatkan banyak uang.....pada hal tanpa ambil ini dan itu kita sebenarnya sudah cukup...
Kita mengkredit banyak barang, ini dan itu, sehingga kita harus banyak bekerja spya angsurannya jalan...klo gk kerja nanti di tarik...sehingga hari minggu dan ibadah2 lainnyapun tinggal...untuk angsuran ada, untuk kolekte tidak ada...
Jadi bapak/ibu yg terkasih,,,Uang ini sedemikian besar kuasanya untuk menguasai dan mempengaruhi  kehidupan seseorang, hingga Yesus pun berkata bahwa uang bersaing dengan Dia...untuk merebut hati manusia....
Sebenarnya,,, Uang adalah sesuatu yang netral, akan tetapi uang bisa memiliki kuasa yang baik ataupun jahat, jadi tergantung di tangan siapa uang itu. Jika uang menjadi tuan kita, maka kita adalah budak uang. Namun sebaliknya, jika kita memiliki penguasaan diri terhadap uang, maka kita akan menjadi tuan atas uang. Amen!!
Berapa banyak orang yang melakukan kejahatan seperti korupsi, pembunuhan, penipuan, dll hanya karena uang? Berapa banyak orang Kristen menjadi malas beribadah ke gereja karena lebih banyak mengejar uang? Berapa banyak orang-orang yang rela kerja lembur demi uang dan meninggalkan saat teduh kepada Tuhan???
Paulus menasihatkan kita dalam kitab 1 Tim 6:9-10
Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. ~

            Saya sudah mengalami hal ini bapak/ibu yg terkasih,,,,ketika saya dahulu ikut menambang emas di batang lobung, dengan penghasilan 400-500 rb sehari, jika ikut lembur bisa dapat 700rb, maka kehidupan saya menyimpang dari iman, minum minuman keras, pesta2 pora, pola hidup yg tidak teratur, sehingga saya jatuh sakit yg membuat saya rawat inap selama berbulan2....bahkan sisa penykit itu masih ada sampai sekarang....untung Tuhan masih kasih kesempatan hidup untuk memperbaiki diri... dari apa yg saya perbuat dahulu menunjukkan bahwa saya melayani Mamon...tapi sekarang saya berkomitmen untuk melayani Tuhan..dan berusaha untuk tidak mencintai Mamon..
Bapak/ibu yg terkasih,    Raja Salomo juga pernah mempertuankan Mamon pada masa kejayaannya dalam kerajaannya...coba kita buka Alkitab 1 Raja-raja 10:14..
Adapun emas, yang dibawa kepada Salomo dalam satu tahun ialah seberat enam ratus enam puluh enam talenta ~
Bapak/ibu yg terkasih EMAS sebanyak 666 talenta, di zaman sekarang sungguh sangat luar biasa nilainya, bahkan orang terkaya di dunia inipun tidak mampu memilikinya. Alasannya apa??? Alasanya adalah,,,: Menurut paham orang Ibrani, satu Talenta itu beratnya  kurang lebih 93 pond artinya sama dengan  (=42.525 kg)
666 talenta X 42 kg = 27,972 kg.
1 ton = 1000kg, berarti 27 ton 972 kg. Jika di hitung rupiahnyanya bisa mencapai 140 Triliun..
II Tawarikh  9:14 belum terhitung yang dibawa oleh saudagar-saudagar dan pedagang-pedagang; juga semua raja Arab dan bupati-bupati di negeri itu membawa emas dan perak kepada Salomo.
II Tawarikh  9:20 Segala perkakas minuman raja Salomo dari emas dan segala barang di gedung "Hutan Libanon" itu dari emas murni; perak tidak dianggap berharga pada zaman Salomo.
II Tawarikh  9:22 Raja Salomo melebihi semua raja di bumi dalam hal kekayaan dan hikmat.
Akan tetapi Bapak/Ibu yg terkasih, Kehidupan raja Salomo menjadi rusak semenjak ia mulai menerima kekayaan ini. Persembahan 666 talenta ini merupakan pintu masuk iblis untuk merusak hidupnya. Ia memulai pemerintahannya dengan hikmat, tetapi  keterikatan akan uang merusak hidupnya dan hubungan dengan Tuhan.
Alkitab dengan jelas berkata kepada raja-raja yang akan memimpin Israel Juga janganlah ia mempunyai banyak isteri, supaya hatinya jangan menyimpang; emas dan perak pun janganlah ia kumpulkan terlalu banyak.” (Ulangan 17:17). Dalam kepemimpinannya, Salomo terus mengumpulkan kekayaan serta wanita-wanita yang justru membuatnya menjadi penyembah berhala.
1 Raja 11:6-7 dan Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia tidak dengan sepenuh hati mengikuti TUHAN, seperti Daud, ayahnya. 7 Pada waktu itu Salomo mendirikan bukit pengorbanan bagi Kamos, dewa kejijikan sembahan orang Moab, di gunung di sebelah timur Yerusalem dan bagi Molokh, dewa kejijikan sembahan bani Amon.
            Ada banyak orang rela berbuat apa saja, memenuhi tuntutan tuan mamon, demi ijin untuk menjadi pengikutnya. Orang tak segan mempersembahkan korban, termasuk anggota keluarganya, untuk menjadi tumbal kekayaan. Bahkan menjual diri, orang pun rela.
Bahkan juga, jauh lebih mudah menemukan orang yang rela menjual Allah demi mamon, dibanding orang yang melepas mamon demi Allah.
Alkitab menasehati kita:
“Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.” ~Ibrani 13:5
Lukas 12: 15. Kata-Nya lagi kepada mereka: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu.”
Mat 6:33 “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu”.
            Mari kita tentukan sekarang kepada tuan siapa kita mengabdikan diri, Allahkah atau Mamon? Jika kepda Allah marilah kita mengabdi kepadaNya, Amen??!!  jika kepada Mamon munkin saya dan saudara sudah diladang, atau jualan sekarang???....
            Namun saya percaya kita tidak akan menentukan pilihan yang rendah amen??? Tuhan Yesus memberkati kita semua.
Ku mau cinta Yesus...

           

Comments

Popular posts from this blog

Easy Worship 2009 Untuk Windows 10...Works!!!

Berkenan Kepada Allah Ibrani 11:6

Hidupku bukanlah aku lagi, tapi Yesus dalamku