Bahan Renungan

Thema : Berkemas-kemas/Berjaga-jaga

Matius   24 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Thema : Berkemas-kemas Berjaga-jaga sinomimnya itu atau sama artinya Berkemas-kemas...di sini saya lebih suka memakai kata berkemas2.. Biasanya orang yang sedang berkemas-kemas itu adalah orang yg sebentar lagi mau berangkat, ke suatu tempat yg penting baik jauh maupun dekat, contohnyanya : 1. Mau pergi ke sawah, ( perlu gk berkemas2) apa yg perlu dipersiapkan?? = mempersiapkan tajak, pakkur(cangkul), mangisi tes tu jereken (air minum), indahan (nasi), dan yg paling penting kesehatan =orang yg tidak sehat tidak mungkin berkemas2 pergi ke sawah...berapa lama biasanya waktu yg diperlukan untuk berkemas2?? 2-3 jam (masak lagi) 2. Kalau mau pergi ke pesta di medan contohnya , apa yg perlu di kemas-kemas ? tandok, hepeng (uang), baju nabagak (baju cantik), sipatu, cin-cin, antting2, korung2 (kalung) mas, dan istirahat yg cukup...biasanya waktu yg diperlukan untuk itu be

HIDUP DALAM PENGHARAPAN


HIDUP DALAM PENGHARAPAN
1 Petrus 1 : 3 - 4
1 Petrus 1:3. Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,
1:4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Menurut Penelitian bahwa kemampuan seseorang bertahan hidup adalah : 
40 hari tanpa MAKAN.
  4 hari tanpa MINUM.
  4 menit tanpa UDARA.
  4 detik tanpa HARAPAN.

1. ORANG BERPENGHARAPAN 

TETAP TEGUH MENGHADAPI KESULITAN.

Saya mengetahui kesulitan yang dialami oleh semua orang, tetapi cara pandang kita terhadap kesulitan lebih penting daripada masalah itu sendiri. Kalau kita kehilangan harapan, kita akan jatuh dan hancur  ingatlah bahwa Kekuatiran Selalu Mendahului Kehancuran. Pengharapan memberikan daya tahan yang luar biasa  itu sebabnya dikatakan bahwa  Pengharapan Selalu Mendahului Kesuksesan.

Ada seorang Profesor mengadakan percobaan pada seekor tikus dilaboratoriumnya. Ia membuat kolam yang berisi air, kemudiaan melemparkan tikus kedalamnya tanpa lampu penerang sehingga seluruh ruangan menjadi gelap gulita. Tikus tersebut mulai berenang menyelamatkan dirinya, tetapi karena ia tidak dapat melihat apapun, ia kehilangan pengharapan dan dalam 3 menit saja ia sudah mati tenggelam kedasar kolam. Profesor ini kemudian mengadakan percobaan kedua, ia mengambil seekor tikus yang lain, melemparkannya kedalam kolam yg sama, tetapi ia menyalakan semua lampu yang ada diloboratorium itu. Ternyata tikus kedua ini bisa berenang dan tetap bertahan hidup setelah 36 jam. Mengapa? Sebab ia melihat ujung kolam tersebut sehingga timbul pengharapan.

Kalau tikus saja butuh pengharapan, apalagi manusia. Pengharapan sangat penting
Hidup tidak selalu mudah. Terkadang duka dan  kegagalan datang bertamu. Tetapi didalam Allah Kita mendapatkan pengharapan yang tidak mengecewakan.

Roma 5:5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.
Ibrani 6:19 Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir,
Ibrani 6:19 Harapan kita itu seperti jangkar yang tertanam sangat dalam dan merupakan pegangan yang kuat dan aman bagi hidup kita. Harapan itu menembus gorden Ruang Mahasuci di Rumah Tuhan di surga. ( BIS )

Pengharapanlah yang membuat kita berani meyakini Firman Tuhan yang berkata : Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku ( Filipi 4 : 13 )

2. ORANG BERPENGHARAPAN TETAP YAKIN BAHWA IA MEMILIKI MASA DEPAN CERAH.

Ada suatu ungkapan yang berkata: Kasih membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, Iman membuat segala sesuatu menjadi mungkin, tetapi pengharapan membuat segalanya menjadi cerah.
Pengharapan itu bagaikan sebuah cahaya yang menghalau kegelapan. Yang memberikan terang dan kemantapan didalam hati kita untuk melangkah.
Mari kita melihat kisah Seorang anak yang ketika dilahirkan menimbulkan kesakitan yang luar biasa bagi ibunya sehingga dia ditolak oleh ibunya dan diberi nama anak sial dan namanya Yabes namun ketika dia menyadari hal tersebut dia berdoa kepada Allah dengan penuh PENGHARAPAN supaya hidupnya diubahkan dan tidak mengalami kesakitan :

1 Tawarikh 4:9 Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: "Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan."
4:10 Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

Thomas Alva Edison ketika umur 7 tahun, ia dikeluarkan dari sekolah oleh gurunya karena ia sangat bodoh. IQ-nya bukan saja jongkok tetapi  sudah tiarap. Sudah tidak bisa diajar lagi. Namun akhirnya dunia mencatatnya sebagai seorang penemu terbesar sepanjang sejarah, ada 3000 penemuan yang dihasilkannya. Salah satu penemuanya adalah bola lampu pijar.

3. ORANG BERPENGHARAPAN 


TETAP  BERSYUKUR DALAM SEGALA HAL.

Orang yang berpengharapan memusatkan perhatiannya pada pengucapan syukur bukan mengomel, menggerutu, atau mengeluh.

DIDALAM UCAPAN SYUKUR ADA MUJIZAT
Kisah Para Rasul 16:24 Sesuai dengan perintah itu, kepala penjara memasukkan mereka ke ruang penjara yang paling tengah dan membelenggu kaki mereka dalam pasungan yang kuat.
16:25. Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.
16:26 Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua.
Firman Tuhan berkata : Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! Roma 12 : 12

DIDALAM UCAPAN SYUKUR DEPRESI HILANG
Habakuk 3:17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang,
3:18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.

3:19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi).
DALAM UCAPAN SYUKUR DAN PUJIAN,                      ROH JAHAT LENYAP
1 Samuel 16:14. Tetapi Roh TUHAN telah mundur dari pada Saul, dan sekarang ia diganggu oleh roh jahat yang dari pada TUHAN.
16:15 Lalu berkatalah hamba-hamba Saul kepadanya: "Ketahuilah, roh jahat yang dari pada Allah mengganggu engkau;
16:16 baiklah tuanku menitahkan hamba-hambamu yang di depanmu ini mencari seorang yang pandai main kecapi. Apabila roh jahat yang dari pada Allah itu hinggap padamu, haruslah ia main kecapi, maka engkau merasa nyaman."
16:17 Berkatalah Saul kepada hamba-hambanya itu: "Carilah bagiku seorang yang dapat main kecapi dengan baik, dan bawalah dia kepadaku."
16:18 Lalu jawab salah seorang hamba itu, katanya: "Sesungguhnya, aku telah melihat salah seorang anak laki-laki Isai, orang Betlehem itu, yang pandai main kecapi. Ia seorang pahlawan yang gagah perkasa, seorang prajurit, yang pandai bicara, elok perawakannya; dan TUHAN menyertai dia."
16:19 Kemudian Saul mengirim suruhan kepada Isai dengan pesan: "Suruhlah kepadaku anakmu Daud, yang ada pada kambing domba itu."
16:20 Lalu Isai mengambil seekor keledai yang dimuati roti, sekirbat anggur dan seekor anak kambing, maka dikirimkannyalah itu kepada Saul dengan perantaraan Daud, anaknya.
16:21 Demikianlah Daud sampai kepada Saul dan menjadi pelayannya. Saul sangat mengasihinya, dan ia menjadi pembawa senjatanya.
16:22 Sebab itu Saul menyuruh orang kepada Isai mengatakan: "Biarkanlah Daud tetap menjadi pelayanku, sebab aku suka kepadanya."
16:23 Dan setiap kali apabila roh yang dari pada Allah itu hinggap pada Saul, maka Daud mengambil kecapi dan memainkannya; Saul merasa lega dan nyaman, dan roh yang jahat itu undur dari padanya
TETAPLAH BERPENGHARAPAN

Comments

Popular posts from this blog

Easy Worship 2009 Untuk Windows 10...Works!!!

Berkenan Kepada Allah Ibrani 11:6

Hidupku bukanlah aku lagi, tapi Yesus dalamku