Bahan Renungan

Thema : Berkemas-kemas/Berjaga-jaga

Matius   24 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Thema : Berkemas-kemas Berjaga-jaga sinomimnya itu atau sama artinya Berkemas-kemas...di sini saya lebih suka memakai kata berkemas2.. Biasanya orang yang sedang berkemas-kemas itu adalah orang yg sebentar lagi mau berangkat, ke suatu tempat yg penting baik jauh maupun dekat, contohnyanya : 1. Mau pergi ke sawah, ( perlu gk berkemas2) apa yg perlu dipersiapkan?? = mempersiapkan tajak, pakkur(cangkul), mangisi tes tu jereken (air minum), indahan (nasi), dan yg paling penting kesehatan =orang yg tidak sehat tidak mungkin berkemas2 pergi ke sawah...berapa lama biasanya waktu yg diperlukan untuk berkemas2?? 2-3 jam (masak lagi) 2. Kalau mau pergi ke pesta di medan contohnya , apa yg perlu di kemas-kemas ? tandok, hepeng (uang), baju nabagak (baju cantik), sipatu, cin-cin, antting2, korung2 (kalung) mas, dan istirahat yg cukup...biasanya waktu yg diperlukan untuk itu be

Merdeka di dalam Kristus (Roma 8:1-2)



Thema             : Merdeka di dalam Kristus
Nats                 : Roma 8:1-2


Bapak/ibu yg terkasih, kata merdeka artinya adalah “bebas", bebas dari perbudakan, bebas dari hak-hak hidup dan bisa berdiri sendiri...dahulu bangsa Israel dijajah oleh bangsa Mesir mereka diperbudak, hak-hak hidup mereka dihapus seperti tidak boleh punya rumah sendiri, tanah sendiri aturan sendiri, dll. bisa kita bayangkan hidup yg demiakian, betapa ngerinya.??
Bahkah jika org Israel tidak menurut, bangsa Mesir bebas menyiksa dan membunuh tanpa ada pembelaan. Bangsa Israel tidak punya kekuatan untuk bisa terbebas dari jajahan bangsa Mesir, mereka sangat ditindas dengan keras. 
Firman Tuhan mengatakan dalam Kel 3:9 “Sekarang seruan Israel telah sampai kepada-Ku, juga telah Kulihat, betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka". Tuhan Allah sendiri mengakui kekejaman bangsa Mesir menjajah Israel. 
Dan seperti yg kita sudah ketahui bahwa bangsa Israel bisa merdeka karena perbuatan Allah semata-mata, dengan disertai perbuatan-perbuatan yang dahsyat dan ajaib. Ada tulah, tiang api, laut dibelah, dll.
Trus Apa tujuan Allah membebaskan Israel ??, Tujuannya adalah : supaya bangsa Israel memiliki kehidupan yg layak dan bebas hidup di dalam Allah. Bapak/Ibu yg terkasih... hidup bebas di dalam Allah tidak boleh kita pandang lewat kaca mata “DUNIA”, mungkin bagi dunia hidup bebas itu adalah bebas melakukan apa saja tanpa ada hambatan.
 Namun, Alkitab memandang bahwa kekebasan menurut DUNIA adalah/sama dengan PERBUDAKAN DOSA...SEBAB jika ada orang yg bebas marah, bebas iri hati, bebas bermusuhan, bebas mabuk, bebas melakukan sex, bebas pesta pora, bebas menghambur-maburkan duit, itu sama artinya hidup bagi dunia, bersahabat dengan dunia, dan serupa dengan dunia
Dan firman Tuhan berkata bahwa persahabatan dengan dunia ini adalah permusuhan dengan Allah. Dan orang yg bermusuhan dengan Allah jgn diharap bahwa org tersebut akan mendapatkan hidup yg kekal di Sorga....
Jadi apa pengertian bebas di dalam Allah bagi Israel ?  artinya adalah selain mereka bebas dari perbudakan, ketakutan dan mendapatkan hidup yg layak, bangsa Israel juga bebas beribadah kepada Allah, karena selama mereka dijajah mereka tidak bebas beribadah kepada Allah.

Demikian juga dengan kita sebagai orang yg sudah dimerdekakan atau diselamatkan oleh Kristus dari perbudakan dosa lewat mengorbankan nyawaNya di atas Kayu Salib, marilah kita jangan menyia-nyiakan kemerdekaan yang mahal itu dengan hidup kembali melakukan dosa, jika kita masih kembali ikat mengikatkan diri kepada dosa maka tidak ada lagi yang namanya keselamatan yang ada adalah kematian kekal di neraka.

Trus apa yang harus kita lakukan sebagai orang yg sudah dimerdekakan?? yang harus kita lakukan adalah menghargai dengan segenap hati, jiwa, akal budi, dan segenap kekuatan kemerdekaan itu dengan setia kepada Tuhan lewat ibadah, melakukan perbuatan baik, sika-sikap yang baik, melayani, dst, itulah tujuan hidup kita setelah kita sudah dimerdekakan.

Tujuan hidup seseorang saat sebelum dimerdekakan jauh dari kehendak Tuhan, akan tetapi jika seseorang telah dimerdekakan oleh Tuhan Yesus tujuan hidupnya harus terarah, yang arahnya hanyalah untuk kemuliaan Tuhan semata, bukan untuk sombong, supya dipuji, supaya tambah kaya, dihormati, bukan itu, tetapi semata-mata untuk kemuliaan Tuhan. Amen





Comments

Popular posts from this blog

Easy Worship 2009 Untuk Windows 10...Works!!!

Thema : Berkemas-kemas/Berjaga-jaga

Hidupku bukanlah aku lagi, tapi Yesus dalamku