Bahan Renungan

Thema : Berkemas-kemas/Berjaga-jaga

Matius   24 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Thema : Berkemas-kemas Berjaga-jaga sinomimnya itu atau sama artinya Berkemas-kemas...di sini saya lebih suka memakai kata berkemas2.. Biasanya orang yang sedang berkemas-kemas itu adalah orang yg sebentar lagi mau berangkat, ke suatu tempat yg penting baik jauh maupun dekat, contohnyanya : 1. Mau pergi ke sawah, ( perlu gk berkemas2) apa yg perlu dipersiapkan?? = mempersiapkan tajak, pakkur(cangkul), mangisi tes tu jereken (air minum), indahan (nasi), dan yg paling penting kesehatan =orang yg tidak sehat tidak mungkin berkemas2 pergi ke sawah...berapa lama biasanya waktu yg diperlukan untuk berkemas2?? 2-3 jam (masak lagi) 2. Kalau mau pergi ke pesta di medan contohnya , apa yg perlu di kemas-kemas ? tandok, hepeng (uang), baju nabagak (baju cantik), sipatu, cin-cin, antting2, korung2 (kalung) mas, dan istirahat yg cukup...biasanya waktu yg diperlukan untuk itu be

Dua hal pengertian anak-anak Allah (Yohanes 1:12)


Thema            : 2 pengertian anak - anak Allah
Nats                : Yohanes 1:12
                         
           
            Tentu kita semua yang ada disini kususnya orang tua yang memiliki anak pasti sangat senang jika anak-anak kita berprilaku seperti yang kita inginkan, apa lagi kalau ada orang datang kepada kita mengatakan “wah..anak ibu pintar-pintar ya, ramah lagi, suka bergaul, baik, bijak dan cantik2 dan ganteng-ganteng”...tapi anak2ku semuanya bandel2 sedih aku”!!!...  

         Siapa orang tua yang tidak senang anaknya dipuji orang karena tingkah dan perilakunya yang baik, baik di tengah-tengah keluarga maupun di tengah-tengan lingkungannya....semua orang tua mempunyai harapan yang demikian...amen...

Bpak Ibu saudara yg terkasih!!?? Sebagaimana manusia senang dengan anaknya yg baik, demikian juga dengan Bapa kita yg di surga sangat mengharapkan anak-anakNya melakukan kehendakNya atau melakukan firmanNya dengan setia. Amen??? Karena Allah kita adalah Allah yg hidup, punya hati, perasaan dan kerinduan utk mempunyai hubungan yg baik dengan anak-anakNya.

         Pada saat ini kita akan belajar anak-anak Allah yg bagaimanakah yg bisa menyenangkan Allah atau yg bisa masuk ke dalam kerajaan Allah dan mendapat warisan dlm kerajaan Sorga.

            Nah dalam konteks firman Allah yang telah kita baca tadi, di sana dikatakan bahwa setiap orang yang menerima Yesus dan Percaya KepadaNya akan diberi kuasa supaya menjadi anak-anak Allah....kata “kuasa” disitu  jika ditinjau dari sudut teks aslinya Bhs Yunani disebut “exousia” yang artinya hak istimewa untuk/supaya bisa menjadi anak-anak Allah.

Berarti maksud dari ayat ini adalah bahwa setiap orang yang percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru S’lamatnya pribadi,  akan secara otomatis STATUSNYA menjadi anak Allah, dari Status budak yg tdk punya hak untuk mendapat warisan, menjadi anak yg memiliki hak untuk mendapat warisan yaitu hidup yang kekal di surga. (budak apa maksudnya? )   --- budak atau pembantu dapat warisan gk?).

hanya anak yg bisa mendapat warisan, tapi tggu dlulu,  anak yg bagaimana, sekarang???

            Di Dalam Alkitab kata untuk anak-anak Allah memakai 2 kata yang berbeda dan pengertian yang berbeda juga  jika ditinjau dari bhs  Yunani..(tapi jikalau dalam terjemahan bahasa indo memakai kata yg sama sehingga kita tidak tahu)..-------kata yang Pertama untuk anak-anak Allah dalam ayat yg sudah kita baca tadi dalam Injil Yohanes 1:12  yaitu menggunakan  kata Teknon yang artinya “anak yang belum akil balig atau belum dewasa, masih labil (gk tentu naik turun rohaninya), pemikiran dan prilakunya. Belum bsa mandiri (ke gereja kalau gk ada teman gk pergi)..

 Jadi---- jika dibahasakan dengan bahasa yang sederhana maksud ayat ini  adalah bahwa setiap orang yang hanya sebatas menerima dan percaya kepada Yesus saja, itu belum bisa disebut sebagai anak Allah yg sudah bisa menerima warisan kerajan Allah, tetapi hanya sekedar memiliki hak untuk mennjadi ahli waris....karena apa ??  kerohaniannya masih belum dewasa belum bertumbuh, .....belum Akil balig....
Jaminan gk 50 tahun jadi kristen kerohaniannya bisa dewasa? Tidak..

....Ada orang yang sudah berpuluh2 tahun menjadi orang kristen tapi kerohaniannya masih anak-anak belum dewasa...masih suka terpancing emosi, Suka marah, masih iri hati, masih menipu, masih suka ninggalin ibadah, masih bergaul erat dengan dunia, tidak ada kasih dll...bukankah hal ini yang mengherankan Rasul Paulus, coba kita buka dari Ibr 5:12-14...

------tentu kita semua setuju bahwa------
            Tidak ada orang tua yang memberikan warisan kepada anaknya yang belum dewasa saat anak itu meminta warisan (SMP), coba kalau dikasih pasti harta yang berharga tersebut akan habis kepada hal-hal yang tidak berguna, tapi hak anak untuk mendapat atau memiliki warisan ada..
.Teknon.. itulah pengertian anak-anak Allah dalam kontek ayat dalam injil ini.

            Pengertian anak-anak Allah yang kedua dalam bahasa asli alkitab terdapat di dalam kitab Galatia 4:1-7, dengan memakai kata Huios, yang artinya anak yang sudah dewasa sudah akil balig dan karakternya sama dengan Bapanya.

 Huios ini bukan sekedar orang percaya yang sudah dibaptis dan rajin beribadah, namun anak Allah yang karakternya sama seperti Allah.

 Apa itu karakter Allah yaitu KASIH..mari kita buka 1 kor 13:1-8, 13...kasih adalah karakter Allah dan apa yang menyenangkan Allah adalah yaitu ketika anak-anakNya memiliki karakter Allah yaitu kasih. Mau berkorban juga ciri HUIOS. Banyak orang kristen tidak mau berkorban.

            Nah melalui firman ini saya yakin kita semua sudah mengetahui posisi kita di mana, anak-anak Allah yg disebut “Teknon”yang belum dewasa rohaninya dan belum  sah menjadi Ahli waris kerajaan sorga kah  atau anak-anak Allah yg disebut  “Huios”yang sudah dewasa serta memiliki karakter Allah dan berhak menerima warisan yang dijanjikan Tuhan kah.??

Apakah kita mau mati masih sebatas teknon saja dan tidak menjadi huios? kita sendirilah yang menentukan pilihan kita, mari kita sahkan posisi kita sebagai anak Allah..selagi masih ada kesempatan, dan kesempatan itu adalah hari ini, karena besok mungkin sudah terlambat...

. Nyanyi : ku mau cinta Yesus

Comments

Popular posts from this blog

Easy Worship 2009 Untuk Windows 10...Works!!!

Berkenan Kepada Allah Ibrani 11:6

Hidupku bukanlah aku lagi, tapi Yesus dalamku