Bahan Renungan

Thema : Berkemas-kemas/Berjaga-jaga

Matius   24 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Thema : Berkemas-kemas Berjaga-jaga sinomimnya itu atau sama artinya Berkemas-kemas...di sini saya lebih suka memakai kata berkemas2.. Biasanya orang yang sedang berkemas-kemas itu adalah orang yg sebentar lagi mau berangkat, ke suatu tempat yg penting baik jauh maupun dekat, contohnyanya : 1. Mau pergi ke sawah, ( perlu gk berkemas2) apa yg perlu dipersiapkan?? = mempersiapkan tajak, pakkur(cangkul), mangisi tes tu jereken (air minum), indahan (nasi), dan yg paling penting kesehatan =orang yg tidak sehat tidak mungkin berkemas2 pergi ke sawah...berapa lama biasanya waktu yg diperlukan untuk berkemas2?? 2-3 jam (masak lagi) 2. Kalau mau pergi ke pesta di medan contohnya , apa yg perlu di kemas-kemas ? tandok, hepeng (uang), baju nabagak (baju cantik), sipatu, cin-cin, antting2, korung2 (kalung) mas, dan istirahat yg cukup...biasanya waktu yg diperlukan untuk itu be

Jangan berhenti sebatas bahasa Lidah



Mat 7:17 – 20 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

Saya memiliki alasan Mengapa saya mengambil ayat ini di hari pencurahan Roh Kudus saat ini,...alasan saya adalah ada  beberapa orang Kristen yg hanya puas pada tanda awal dari babtisan Roh Kudus saja. Bahkan bangga karena itu. Apakah tanda awal itu????

Tanda awal seseorang dibabtis oleh Roh Kudus adalah dia akan berbahasa lidah atau berbahasa asing dan dalam bahasa Yunani disebut “glossolalia”Kis 2:4. Nah inilah yg saya maksudkan, bahwa banyak org kristen hanya berhenti pada sebatas bahasa Roh saja tetapi tidak menampilkan tanda-tanda yg lainnya setelah menerima tanda awal tadi.

Ada beberapa gereja yg pernah saya jumpai saat beribadah, hampir semua mereka berbahasa roh, karena apa pendetanyapun menyuruh jemaatnya berbahasa roh, dan bahasa rohnya seragam, sama semua kata-katanya. Pada hal yg kita ketahui pada Kis 2:7-12 ..mereka semu berakata2 dgn bahasa yg berbeda2. Jadi saya ciruga dengan bahasa roh yg diucapkan di beberapa gereja, dan rupnya ada gereja yg mengajarkan bahasa roh kepda jemaatnya, nah ini yg bahaya, entah pengajaran dari mana mereka dapatkan itu, itu sudah diluar Alkitab dan segala sesuatu yg tidak berdasarkan Alkitab pasti sesat.
Jadi mereka berhenti hanya sebatas tanda awal saja, dan tanda-tanda yg lain tidak mereka tampilkan.

 Pada hal  Alkitab menceritakan bahwa ada beberapa tanda-tanda lain yg akan menyertai orang yg sudah dibabtis oleh Roh Kudus, selain bahasa Roh. Dan di sini saya mau sampaikan ada tiga poin tentang tanda2 yg lain yg seharusnya menyertai orang yg sudah dibabtis Roh.

1.      Roh Kudus akan memberikan karunia-karunia untuk ikut ambil bagian dalam pelayanan.

1 kor 12 :4-11. Jadi sudah jelas kita baca tadi bahwa setiap org yg sudah dibabtis oleh Roh Kudus akan memiliki karunia...ada karunia ini dan itu.... Dan karunia ini tidak boleh untuk disombongkan, tidak boleh disimpan, tapi harus dipakai untuk melayani dan memuliakan Tuhan....bagi kita yg ada disini yg mengakui sudah dibabtis Roh Kudus, karunia apakah yg sudah diberikan Roh itu kepada kita??

2.      Roh Kudus akan Membawa transformasi terhadap cara pandang kita.
Baptisan Roh Kudus mengakibatkan perubahan pola pikir atau cara pandang kita terhadap semua orang percaya.  Dalam (1 Korintus 12:13) Paulus mengingatkan jemaat Korintus, bahwa baik orang Yahudi maupun Yunani, baik budak maupun orang merdeka, kalau mereka sudah percaya kepada Kristus, mereka adalah satu tubuh di dalam Kristus .
Paulus mengingatkan hal ini supaya mereka, dalam mewujudkan kasih dan pelayanannya, melakukannya tanpa memandang muka, suku (nias doon, cina doon, PKI doon), atau status sosial, (ahh pogos doon boasa dibaen huddul disi, roa hian bajuna maribak-ribak).. kalau kita memandang muka hal inilah  yg dapat menimbulkan perpecahan di dalam jemaat (1 Kor. 12:25; bandingkan dengan Yakobus 2:1-9).  
Jadi Kita satu di dalam tubuh Kristus, karena itu mereka yang mengaku sudah percaya kepada Kristus, tetapi masih memiliki sikap yang membeda-bedakan atau merendahkan sebagian orang percaya karena suku atau status sosial yang berbeda, berarti itu belum betul-betul menerima pembaharuan yang sesungguhnya (masih hidup dalam dosa). Mereka belum mengerti makna satu tubuh di dalam Kristus.

3.      Babtisan Roh Kudus akan menghasilkan buah Roh dalam diri seseorang.
Bagaimana bentuk buah Roh itu ? Gal 5:22-23 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.  

            Seperti Itulah seharusnya bentuk buah yg dihasilkan oleh seseorang yg sudah dibabtis oleh Roh Kudus,
yg pertama adalah kasih, untuk mengasihi tidak cukup dengan kata-kata tetapi harus mengungkapkan kasih itu lewat tindakan. (kata bijak mengasihi).
Kedua sukacita. Roh Kudus akan memampukan kita untuk bersuka cita terhadap segala situasi yg terjadi di dalam hidup kita, karena apa? Karena  keselamatan dan hidup kekal sudah jauh melebihi segalanya bagi kita. Tapi org yg tidak hidup menurut Roh akan merasa menderita, sedih, stress, malu, putus pengharapan, kalau sawahnya gagal panen, cita-cita tidak tercapai, miskin harta, mengapa mereka seperti itu? Karena pengharapan mereka adalah dunia ini yg sebentar lagi akan harcur.

Damai Sejahtera artinya “kita harus membawa damai, menciptakan kedamaian bagi orang lain dan sekitar kita, kesabaran, kemurahan berarti suka menolong, murah senyum, murah hati dll, 
kelemah lembutan berarti tidak suka marah-marah, tidak kasar dalam berkata-kata, dan yg terakhir penguasaan diri berarti bisa mengontrol dirinya untuk tidak berbuat dosa....mengotrol amarah, nafsu makan juga...karena ada org sudah tau dia ada darah tinggi, kolesterol, gula, asam urat, tetapi kalau sudah ada makanan yg lezat langsung disantap terakhir penyakit tambah parah dan menyesal. Penyesalan selalu datang terlambat...
            Bapak ibu saura yg terkasih...
Sebenarnya masih banyak lagi tanda-tanda yang menyertai seseorang yang sudah dibabtis oleh Roh Kudus. Seperti memberikan keberanian mengambil resiko yg mempertaruhkan nyawa dalam memberitakan injil (kisah murid-murid Tuhan mati martyr).....coba kita baca kitab injil semua murid belum memiliki keberanian saat Yesus ditangkap tentara Romawi...................dst.
Jadi bapak ibu saudara yg terkasih berdasarkan Injil Matius 7:17-20 tadi bahwa kita ini ibarat sebuah pohon, saat kita belum dibabtis Roh Kudus maka kita ini adalah gambaran pohon yg tidak baik sehingga kita menghasilkan buah yg tidak baik (perbuatan daging), tetapi saat kita sudah dibabtis oleh Roh Kudus maka kita akan menjadi ibarat pohon yg baik yg menghasilkan buah yg baik (yaitu karunia Roh, tidak memandang muka, mengahasilkan buah Roh).
Mari kita tunjukkan bahwa kita sudah dibabtis Roh Kudus, dan  bagi kita yg belum mari rindukan, bukankah kita ini ingin hidup sesuai dengan kehendak Tuhan? Bukankah kita ingin mengasihi Tuhan dengan melakukan FirmanNya? Bukankah kita ingin masuk dalam kerajaanNya? Itu memang terserah kita, tidak ada yg memaksa, itu semua adalah pilihan hidup kita. Dan ingat pilihan kita akan menentukan nasib kita kemana kita akan menghabiskan kekekalan nanti. Syalom bagi kita semua.

Ya Roh Kudus ku haus padaMu.



Comments

Popular posts from this blog

Easy Worship 2009 Untuk Windows 10...Works!!!

Thema : Berkemas-kemas/Berjaga-jaga

Hidupku bukanlah aku lagi, tapi Yesus dalamku