Bahan Renungan

Thema : Berkemas-kemas/Berjaga-jaga

Matius   24 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Thema : Berkemas-kemas Berjaga-jaga sinomimnya itu atau sama artinya Berkemas-kemas...di sini saya lebih suka memakai kata berkemas2.. Biasanya orang yang sedang berkemas-kemas itu adalah orang yg sebentar lagi mau berangkat, ke suatu tempat yg penting baik jauh maupun dekat, contohnyanya : 1. Mau pergi ke sawah, ( perlu gk berkemas2) apa yg perlu dipersiapkan?? = mempersiapkan tajak, pakkur(cangkul), mangisi tes tu jereken (air minum), indahan (nasi), dan yg paling penting kesehatan =orang yg tidak sehat tidak mungkin berkemas2 pergi ke sawah...berapa lama biasanya waktu yg diperlukan untuk berkemas2?? 2-3 jam (masak lagi) 2. Kalau mau pergi ke pesta di medan contohnya , apa yg perlu di kemas-kemas ? tandok, hepeng (uang), baju nabagak (baju cantik), sipatu, cin-cin, antting2, korung2 (kalung) mas, dan istirahat yg cukup...biasanya waktu yg diperlukan untuk itu be

Akibat tidak dapat mengendalikan diri




Thema : Akibat tidak dapat mengendalikan diri.

Pada saat ini saya mau berbicara soal pengendalian diri, pengendalian diri merupakan kemampuan yg dimiliki manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Ada mau jadi tentra harus mengendalikan malasnya untuk berlatih fisik, harus mengendalikan nafsunya untuk tidak merokok, minum-minuman keras, begadang. Ada yg sakit asam lambung harus mengendalikan seleranya untuk tidak makan makanan yg pedas, dll.

Demikian juga dengan kita pengikut Yesus, untuk mencapai tujuan yaitu Keselamatan Kekal kita harus mengendalikan diri kita dalam segala hal, 1 Kor 9:25.  Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.

 Seseorang yg mampu mengendalikan dirinya adalah orang yg memang  sudah memahami benar apa yg menjadi konsekwensi akibat tidak mengendalikan diri. Kalau konsekwensi  kegagalan dalam mengendalikan diri untuk mencapai sesuatu di dunia ini masih bisa kita atasi, masih banyak pilihan lain kalau kita gagal (jadi guru, pengusaha,dll), tapi lain dengan konsekwensi yg kita terima dalam hal mengikut Yesus, yg satu ini tidak bisa kita atasi, karena hanya dua pilihan yaitu Neraka dan SURGA. Itu saja pilihannya.

Amsal  25:28 Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.

            Kira2 Apa maksud penulis Amsal ini mengibaratkan seseorang yg tidak dapat menguasai atau mengendalikan dirinya, dengan kota yang temboknya roboh???----  Emangnya kenapa dengan kota yang temboknya roboh??? Emangnya ada apa jika tembok sebuah kota roboh??? -----Dan bagaimana kedua hal yg berbeda ini bisa disamakan?--- pertama  orang yg tidak dapat  mengendalikan dirinya dan kedua Kota yg temboknya roboh?

            Nah ...untuk mengetahui maksud kedua hal ini, saya akan terlebih dahulu menjelaskan kota yang temboknya roboh. Pada zaman dahulu memang sekeliling kota-kota harus ditembok, dan sisa-sisa temboknya masih ada hingga sekarang sebagai buktinya,  bahkan ada sebagian masih utuh  --- seperti tembok china, tembok di Yerusalaem, berlin dll,  

Salah satu alasan Sekeliling kota ini ditembok  adalah untuk pertahanan dari serangan musuh-musuh. Jadi Semakin kuat tembok yg dibuat semakin amanlah perasaan seluruh penghuni kota...tetapi jika tembok yg dibangun dengan asal-asalan maka tembok akan mudah roboh dan kecemasan akan timbul bagi penghuni dibalik tembok tersebut, dan bukan hanya kecemasan, tapi mereka akan menjadi sasaran empuk bagi musuh2 mereka.

Jika temboknya mudah dirobohkan, maka kota dapat dikuasai oleh musuh, harta benda akan dijarah dan  seluruh penghuni kota tersebut mungkin akan dibinasakan atau   ditawan untuk dijadikan budak....

Demikian halnya dengan orang yg tidak dapat mengendalikan dirinya, orang tersebut akan kehilangan pertahanan diri dari musuh, karena pertahanan tidak ada, maka orang tersebut akan menjadi sasaran empuk musuh yaitu iblis. ---------Alkitab mengatakan dalam I Petrus  5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

 Kalau dalam kitab Versi Ingg kata menelan memakai kata “DEVOUR” artinya “menganyang” dalm KBBI arti salah satunya adalah “mengalahkan”... jadi musuh kita si iblis akan berkeliling untuk mencari tembok yg roboh di dalam kehidupan seseorang, supaya dia bisa masuk untuk mengalahkan orang yg tidak dapat mengendalikan dirinya tersebut. Dan -----------
\\\\\\\\\\\\\\\\\
Jika ada Orang yang sudah dikalahkan oleh musuh (si iblis) maka orang itu akan menjadi tawanan dia, dan dia si iblis akan menjadikan orang tersebut jadi budaknya, untuk bekerja melakukan banyak dosa. -------Orang yang menjadi Tawanan iblis akan Menjadikan orang tersebut SEMAKINtidak bisa” menguasai ataupun mengendalikan dirinya sendiri untuk melakukan banyak hal yg berdosa.

Di hari-hari terakhir ini, iblis semakin giat bekerja, mengapa dia semakin giat bekerja??? karena waktunya sudah dekat untuk dia hukum di Neraka kekal, jadi dia semakin giat siang dan malam menciptakan perangkap untuk menarik lebih banyak orang-orang Kristen, supaya mereka hidup di dalam keduawian, dan  akhirnya juga ikut masuk neraka bersama2 dengan iblis. .... sama halnya dengan berita2 tentang orang penyakit AIDS....

Bapak/Ibu saudara yg terkasih dalam Yesus.....
 Orang yang hidup duniawi adalah orang yg hidupnya dipimpin oleh keinginan daging... dan orang yg tidak dapat mengendalikan dirinya adalah orang yg hidup dalam kedagingan.
.... Galatia 5:19-21 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan(permusuhan), perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu -- seperti yang telah kubuat dahulu -- bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Mengapa ada percabulan bukankah itu karena tidak bisa mengendalikan nafsunya jahatnya? Mengapa.....dll

 Memang untk dapat menguasai diri sendiri bukanlah perkara yg mudah untuk dilakukan, namun jangan karena susah dilakukan lantas kita menyerah, yang penting untuk kita lakukan adalah melatih diri dan berusaha.
Pokoknya kita berusaha dan berdoa minta kekuatan dari Tuhan. Jika kita berhenti berusaha berarti kita sedang membiarkan tembok pertahanan kita roboh, sehingga musuh akan datang menaklukkan hidup kita untuk diperbudak dan bekerja bagi dosa.

            Jadi marilah kita menguasai diri kita amen?!!

Menguasai diri juga berarti memenangkan diri sendiri, jadi jika kita lagi malas ibdah, baca Alkitab kalahkanlah kemalasan itu, jika kita malas berdoa saat teduh pada Tuhan kalahkanlah itu.

Jika pikiran kita lagi memikirkan hal-hal yg jahat,  rencana mau menipu,  rencana mau mencuri, rencana mau menjelekkan2 orang, menangkanlah pikiran anda kpada Kristus yaitu dengan mengisi pikiran dgn Firman.

Jika lidah atau ucapan kita sering mengeluarkan kata-kata kasar yg memancing keributan, sering marah-marah yg tidak pada tempatnya dan tidak pada waktunya, memburuk-burukkan orang lain, menangkanlah dan kuasailah itu dengan kebenaran Firman Tuhan sehingga kita hanya mengeluarkan kata-kata yg membangun, yg lemah lembut dan sopan. Amen??!!

Menguasai atau mengendalikan diri tidak bisa kita lakukan dengan kekuatan diri kita sendiri, kita harus dipimpin oleh Roh, jika kita dipimpin oleh Roh maka kita akan sampai kepada tujuan.

Galatia :5:22-24 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

I Korintus  9
9:25 Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.

Yg terutama didalam hidup ini.

Comments

Popular posts from this blog

Easy Worship 2009 Untuk Windows 10...Works!!!

Berkenan Kepada Allah Ibrani 11:6

Hidupku bukanlah aku lagi, tapi Yesus dalamku