Bahan Renungan

Thema : Berkemas-kemas/Berjaga-jaga

Matius  24
24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.

Thema : Berkemas-kemas

Berjaga-jaga sinomimnya itu atau sama artinya Berkemas-kemas...di sini saya lebih suka memakai kata berkemas2..

Biasanya orang yang sedang berkemas-kemas itu adalah orang yg sebentar lagi mau berangkat, ke suatu tempat yg penting baik jauh maupun dekat, contohnyanya :

1. Mau pergi ke sawah, ( perlu gk berkemas2) apa yg perlu dipersiapkan?? = mempersiapkan tajak, pakkur(cangkul), mangisi tes tu jereken (air minum), indahan (nasi), dan yg paling penting kesehatan =orang yg tidak sehat tidak mungkin berkemas2 pergi ke sawah...berapa lama biasanya waktu yg diperlukan untuk berkemas2?? 2-3 jam (masak lagi)

2. Kalau mau pergi ke pesta di medan contohnya, apa yg perlu di kemas-kemas ? tandok, hepeng (uang), baju nabagak (baju cantik), sipatu, cin-cin, antting2, korung2 (kalung) mas, dan istirahat yg cukup...biasanya waktu yg diperlukan untuk itu berapa lama?? 2-3 hari, soalnya ada yang masih minjam kalung, tas atau cincin sama tentangga, hahahaha.

            Tadi saya sudah sampaikan di awal, bahwa berkemas-kemas itu adalah orang yg sebentar lagi mau berangkat...jadi waktu untuk berkemas-kemas itu sebenarnya tidak banyak/ singkat atau hanya sedikit waktu.
            Demikian juga kita, kita sebentar lagi akan berangkat menuju tempat kehidupan kekal, tentu prinsip berkemas-kemas tadi berlaku untuk kita lakukan dalam hidup kita. Apa saja yang perlu kita kemas-kemas dalam kesempatan singkat hidup kita ini??

1.)    Mengaku/minta pengampunan dosa kepada Tuhan dan bertobat dengan tulus hati/sungguh-sungguh
Kisah Para Rasul  26:20 Tetapi mula-mula aku memberitakan kepada orang-orang Yahudi di Damsyik, di Yerusalem dan di seluruh tanah Yudea, dan juga kepada bangsa-bangsa lain, bahwa mereka harus bertobat dan berbalik kepada Allah serta melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan pertobatan itu. (inilah bentuk pertobatan yg tulus hati) banyak orang berkata bahwa dia dahulu sudah bertobat, tapi sekarang hidupnya tidak hidup sesuai dengan pertobatannya..
1 Yoh 1:9  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

2)   Meminta Roh Kudus untuk memimpin hidup kita
Fusngsi Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya adalah memberi :
#. Kekuatan : setelah murid2 Yesus menerima baptisan Roh Kudus mereka menjadi orang2 yg kuat, (bukan kuat untuk berkelahi ya) tapi kuat menanggung segala macam penderitaan dalam mengikut Yesus....bahkan diberi kekuatan untuk menolak segala macam cobaan (cobaan untuk berbuat dosa, dosa menipu, dosa korupsi, dan segala macam bentuk keinginan daging, dan keduniawiaan.
#. Mengingatkan Firman Tuhan yg pernah kita pelajari. Jelas kita sering kali melakukan kesalahan karena lupa, oleh karena itu peran Roh Kudus sangat penting bgi kita untuk mengingatkan dan menyadarkan kita akan tindakan2 yang berkenan kepada Tuhan atau tindakan2 yang berdosa.

3)    Mengampuni orang yang bersalah kepada kita
Matius 6:14-15  Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

4) Setia dan Tekun beribadah
Ibrani  10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

5). Senantiasa berjaga-jaga dan tekun berdoa 
Lukas 21:34  "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat (jadi kita harus menjaga hati kita supaya senantiasa terpaut kepada Tuhan dan firmanNya))...
Lukas 21:36  Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu dianggap layak untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu dapat berdiri di hadapan Anak Manusia.

 Inilah bentuk kemas-kemas bagi kita untuk berangkat menju kehidupan yang kekal. Butuh berapa lama kita berkemas tentang ini bapak, ibu ??? kita butuh Seumur hidup, kita harus terus-menerus berkemas2....loh kok terus-menerus gitu???

Iya! buktinya sekarang, mungkin masih ada di antara kita yang masih terikat dengan dosa suka berbohong, dosa fitnah, dosa sombong, dosa iri, dosa malas, dosa suka menghabiskan waktu untuk hal yang sia-sia, dosa amarah, dosa benci dan dosa lainnya....

kalau kita masih terbukti melakukannya, itu artinya kemas-kemas yang kita lakukan untuk berangkat menuju kehidupan kekal masih belum beres, belum siap berangkat..

Dan perlu untuk kita ketahui dan waspadai bapak ibu bahwa kurang sedikit minyak saja kita gagal masuk..seperti kisah lima gadis bodoh dan lima yg bijaksana.....jadi setiap hari mari kita bereskan hidup kita kepada Tuhan dan sesama dgn berkemas-kemas....amen!!!??

Nyanyi : kumau cinta Yesus






Comments

  1. EasyWorship
    I am very impressed with your post because this post is very beneficial for me
    https://procrackerpc.com/vysor-pro-crack/
    https://procrackerpc.com/easyworship-crack/
    https://procrackerpc.com/mirillis-action-crack/
    https://procrackerpc.com/bitdefender-total-security-crack/

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan mengomentari artikel ini positif dan negatif semau saya tampung, mungkin perlu..

Popular posts from this blog

Easy Worship 2009 Untuk Windows 10...Works!!!

Berkenan Kepada Allah Ibrani 11:6

Hidupku bukanlah aku lagi, tapi Yesus dalamku