Bahan Renungan

Thema : Berkemas-kemas/Berjaga-jaga

Matius   24 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Thema : Berkemas-kemas Berjaga-jaga sinomimnya itu atau sama artinya Berkemas-kemas...di sini saya lebih suka memakai kata berkemas2.. Biasanya orang yang sedang berkemas-kemas itu adalah orang yg sebentar lagi mau berangkat, ke suatu tempat yg penting baik jauh maupun dekat, contohnyanya : 1. Mau pergi ke sawah, ( perlu gk berkemas2) apa yg perlu dipersiapkan?? = mempersiapkan tajak, pakkur(cangkul), mangisi tes tu jereken (air minum), indahan (nasi), dan yg paling penting kesehatan =orang yg tidak sehat tidak mungkin berkemas2 pergi ke sawah...berapa lama biasanya waktu yg diperlukan untuk berkemas2?? 2-3 jam (masak lagi) 2. Kalau mau pergi ke pesta di medan contohnya , apa yg perlu di kemas-kemas ? tandok, hepeng (uang), baju nabagak (baju cantik), sipatu, cin-cin, antting2, korung2 (kalung) mas, dan istirahat yg cukup...biasanya waktu yg diperlukan untuk itu be

Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui



Yes 55:6 Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

                Dari ayat ini kita dapat memahami bahwa, berarti ada kalanya == Allah itu tidak berkenan untuk  kita temui, dan ada saatnya bahwa Allah itu menjauh dari kita saat kita berseru...Isi ayat ini akan menimbulkan beberapa pertanyaan bagi kita saat ini. ...
Bapak/ibu yg terkasih...
                Saya percaya semua orang pasti setuju bahwa untuk memperoleh sesuatu yang berharga, atau sesuatu yang bernilai tinggi itu tidaklah suatu hal gampang...  ....??
                Contohnya : Apa hal yg paling berharga bagi seseorang yang mengidap penyakit kanker ganas?? Jawabannya adalah “Kesembuhan”. Jika dia disuruh memilih antara uang 1 triliun dan kesembuhan maka ia akan memilih kesembuhan, bukan???  ...bahkan dia rela menjual rumah, dan semua harta untuk mencari kesembuhan. Bahkan dia rela untuk menahan selera untuk tidak makan ini itu supaya kondisinya tidak makin parah....
                Dalam alkitab juga ada contoh yg sama dlm kitab injil ...Markus  5:25-26, seorang perempuan 12 tahun pendarahan, sampai2 menjual semua apa yg ada pada mereka, demi mencari kesembuhan...

                Contoh lainnya: seperti cita-cita, kita tahu bahwa cita-cita itu adalah sebuah keingianan – di atas dari segala keinginan dalam diri seseorang atau cita2 itu adalah Sebuah keinginan terbesar dari segala yg diinginkan seseorang yang akan dicapai kelak.
                Contoh cita2nya ingin menjadi dokter spesialis. Jika keinginan terbesarnya harus menjadi dokter, maka dia harus siap untuk belajar keras,  karena, untuk menjadi seorang dokter spesialis harus mempunyai kecerdasan yang tinggi, bahkan dia harus siap hidup disiplin maksudnya tidak boleh terlibat dalam pergaulan yang sembrono, merokok, mabukan, berjudi, dll.
Kemudian harus menjaga pola hidup yang sehat, karena menjadi seorang dokter harus mempunyai kesehatan yang baik. Inilah yang harus dilakukan seseorang jika ingin menjadi dokter. Dan usaha-usaha ini dapat disebut mencari untuk mendapatkan cita-cita tersebut.
Sama seperti penderita penyakit kanker  tadi, dia jual rumah, harta, untuk berobat kesana-kemari untuk mencari apa??? Untuk mencari yg namanya kesembuhan.  Karena apa?? Karena bagi dia kesembuhan adalah suatu hal yg paling berharga, yg paling diinginkan dlm hidupnya.  
Dan apa yg dapat membuat cita2 seseorang gagal dicapai??? Yah karena hidupnya tidak sejalan, atau tidak sesuai dengan apa yg ia cita-citakan bukan??  Dan apa yg membuat kesembuhan tidak di dapatkan bisa saja karena uang tidak ada, karena tidak menjauhi pantangan2, menunda2 untuk berobat..dll
=======================================
Bapak ibu yg terkasih=== Bagi kita yang sudah diselamatkan, saya mau bertanya, apa hal yang paling berharga dan yang paling bernilai dalam hidup kita, sebagai orang yang sudah diselamatkan???


Tentu setiap kita setuju menjawab : bahwa hal yang paling berharga dan yg paling bernilai dalam hidup kita adalah Tuhan Yesus  amen!!! (Arta naummuli nugga be dapot au)...
Mengapa kita katakan bahwa Yesus adalah hal yg paling berharga dari segalanya dlm hidup kita?? Karena kita yakin bahwa Yesuslah SUMBER dari segalanya yg baik, Ia memberikan kita hidup,  kesehatan, kekuatan, penghiburan, berkat jasmani dan rohani , bahkan Dia menebus Dosa kita dan memberikan hidup kekal bagi kita di surga amen!!! tanpa Yesus semua orang akan masuk neraka...
Saya mau tanya lagi?? Bagaimana cara mencari Tuhan Yesus dan menemukannya?? Jawabannya adalah hidup sesuai dengan kehendakNya, “lewat FirmanNya...”
Luk 9:23 ...” Setiap orang yang mau mengikut Aku ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku”.
Nah bapak ibu yg terkasih, hidup dalam menyangkal diri itu tidak mudah... karena sangkal diri itu adalah mengedepankan kehendak Tuhan dari pada kehendak kita. Artinya sikap kita, tindakan kita, ucapan kita, hati kita, pikiran kita harus kita fungsikan untuk kehendak Tuhan...
Misalnya : kita kaya bukan untuk kesenangan kita sendiri, tetapi kita rela menolong orang yg tidak mampu...tidak mementingkan diri sendiri..
“ketika Yesus dicambuk, diludahi, dan di salib, Dia menyangkal diriNya demi melakukan kehendak BapaNya.. sebenarnya Tuhan Yesus bisa membela diri, Dia adalah Tuhan, jika Dia mau menghanguskan mereka dgn sangat mudah...tapi semua itu dilakukanNya supaya kita sama seperti Dia yaitu mengangkal diri...amen!!!??
apa kata Firman Tuhan : Gal 2:20 ..”hidupku bukannya aku lagi tapi Kristus dlm ku..” ketika kita merasa tidak perlu datang ibadah “pertanyaannya : “apakah itu kehendak Kristus yg ada di dalam kita” ?, ketika kita berjudi pertanyaannya : “apakah itu kehendak Kristus yg ada di dalam kita”? Ketika kita mencari2 kesalahan orang, Pertanyaannya :  apakah itu kehendak Kristus yg diam di dalam kita?...coba kita cek diri kita bapak ibu yg terkasih...
selanjutnya apa artinya pikul salib setiap hari?? Artinya adalah kita menderita karena melakukan kebenaran. Contoh kita dipecat dari pekerjaan karena kita tidak mau melakukan perintah yg tidak benar, contoh disuruh melakukan korupsi atau menipu. Dll.
Contoh yg lain : kita di ejek karena kita bertobat dari keberdosaan kita. Woy...naeng martopak2 nama ho, par haleluya nama ho?? naeng pabadi2hon nama ho??
Ada lagi, karena menginjili : dia dipenjara (saifuddin ibrahim)....(ceritakan)
Saya mau bertanya: sangkal diri susah gk di lakukan??? Susah.......makanya saya katakan tadi bahwa “”untuk mendapatkan sesuatu yang bernilai dan yang paling berharga itu tidak gampang. ...
Mencari Intan, emas dan permata aja susah bahkan mempertaruhkan nyawa ....apa lagi untuk mencari dan mendapatkan Yesus si pemberi hidup yg kekal, sang penebus dosa dan Juru selamat Dunia yg melebihi nilai emas, intan dan permata.... Tidak gampang.
Yesus sendiri mengatakan....
Mat 7:13-14 Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; 14 karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."

            Ayat ini cupkup  menjelaskan bagi kita bahwa untuk mencari dan mendapakan suatu hal yang paling bernilai dan yg paling berharga “yaitu Tuhan Yesus” itu tidak mudah.

            Jadi jika cara kita mencari dan menemukan Yesus dengan cara yg biasa-biasa saja, tidak serius dan tidak dengan  sungguh2...jangan harap kita akan menemukan Yesus. Maksudnya kita tidak akan memperoleh hidup yg kekal...

Akan tetapi, Jika kita hidup melakukan kehendak Tuhan yaitu lewat FirmanNya, maka hasilnya adalah bahwa Tuhan Yesus  akan berkenan bertemu dengan kita. Bahkan saat kita berseru kepadaNya Ia menyendengkan telingaNya untuk mendengar dan bertindak. Amen !!!??
Pertanyaan terakhir bagi kita semua,...apa yang membuat Tuhan tidak berkenan kita temui, dan apa yang membuat Tuhan menjauh saat kita berseru...hanya satu jawabannya yaitu karena kita masih menikmati hidup di dalam dosa, karena kita masih mencintai dunia ini.
 Yes 59:1-3 Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; 2. tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. 3. Sebab tanganmu cemar oleh darah dan jarimu oleh kejahatan; mulutmu mengucapkan dusta, lidahmu menyebut-nyebut kecurangan.

Yakobus  4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

                Kesimpulan jika kita mengakui bahwa Yesuslah harta yg paling bernilai dan yg paling berharga dalam seluruh hidup kita, marilah sungguh2 untuk terus mencarinya. Lewat apa?? Lewat hidup melakukan FirmanNya dengan sungguh2 dan setia. Amen !!!

Kasih setiaMu yg kurasakan.  

































1 Taw 28:9 Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu 1  dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas n  dan dengan rela hati, sebab TUHAN menyelidiki segala hati o  dan mengerti segala niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, p  maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan q  Dia maka Ia akan membuang r  engkau untuk selamanya.



















Berkas Ujian Sekolah
                                Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2018
                                PAK Tingkat SMP



                                Berkas Ujian Sekolah
                                Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2018
                                PAK Tingkat Dasar

Comments

Popular posts from this blog

Easy Worship 2009 Untuk Windows 10...Works!!!

Berkenan Kepada Allah Ibrani 11:6

Hidupku bukanlah aku lagi, tapi Yesus dalamku